Membersihkan Cincin Emas Dan Tips Untuk Mengenal Emas Asli

Ini adalah sedikit tips dari toko cincin emas Bandung yang dimana dapat Anda lakukan dirumah untuk merawat perhiasan atau cincin emas Anda. Bagaimanakah cara efisien bersihkan cincin emas tak perlu mengeluarkan uang serta yang tentu saja dapat Anda kerjakan di dalam rumah? Waktu kilau Emas mulai menghilang, umumnya yang seringkali kita kerjakan ialah bawa cincin emas yang kita punya ke toko emas untuk dibikin bersih atau disepuh lagi hingga kilau emas bisa kembali lagi seperti sebelumnya. Tetapi Anda harus keluarkan uang yang cukup karena itu!

Sebetulnya, tidak perlu Anda tetap lakukan hal tersebut. Sebab Anda bisa mengerjakannya sendiri di dalam rumah serta yang tentu Anda tak perlu keluarkan ongkos yang besar. Kemungkinan tidak sepraktis waktu Anda membawanya ke toko emas, sebab Anda perlu duduk manis serta keluarkan uang sesudahnya. Tetapi apa Anda sadar bila itu semakin lebih menyusahkan daripada Anda mengerjakannya sendiri di dalam rumah? Waktu untuk jarak menempuh, harus ngantre, keluar uang juga, apalagi sedang hujan, belum juga bertemu pencopet contohnya, jadi makin ribet kan?

emas cincinNah karena itu di sini akan kami beri beberapa panduan untuk bikin cincin Anda kembali lagi bercahaya yang tentu saja dapat Anda kerjakan di dalam rumah secara gampang serta tanpa ada mengeluarkan uang banyak. Sebetulnya langkah bersihkan emas sendiri di dalam rumah sangat gampang untuk di kerjakan, namun belum terbayangkan oleh kita. Emas tidak seperti cincin perak yang bisa menghilang atau jadi kusam seiring waktu berjalan. Kusamnya cincin emas asli umumnya lebih karena ada timbunan kotoran serta debu karena penggunaan normal.

Anda dapat kembalikan kilau pada cincin, gelang, kalung serta cincin emas yang lain dengan beberapa cara yang dapat Anda kerjakan di dalam rumah.

1. Pasta gigi
Ini langkah umum serta termudah untuk di kerjakan. Mengambil saja pasta gigi memakai sikat gigi sisa, selanjutnya gosok-gosokkan pada emas Anda. Entahlah itu cincin, kalung, anting, gelang atau lain-lain. Pasta gigi bukan hanya bagus untuk jaga kebersihan gigi serta membuat gigi lebih putih cemerlang. Tetapi cukup ampuh untuk jaga kilau semua tipe cincin, terkecuali mutiara.

Pasta gigi untuk zat abrasif mudah dapat juga digunakan untuk melapangkan penumpukan kotoran yang melekat pada cincin Emas Anda hingga cincin dapat kembali lagi kinclong seperti sebelumnya.

Campur 2, 5 cm pasta gigi dengan sedikit air supaya pasta tidak kental.
Selanjutnya gosok permukaan cincin Emas dengan sikat lembut memakai pasta yang sudah digabung air itu, hingga dapat bersihkan semua sisi permukaan cincin emas termasuk juga celah-celah yang susah dapat dijangkau.
Kemudian, basuh dengan air sampai bersih serta keringkan memakai lap atau kain lembut.

Langkah ini efisien dipakai untuk bersihkan cincin emas yang memakai aksesori batu permata yang ditempelkan memakai lem (seperti umumnya pada cincin anting atau liontin) sebab tak perlu dilaksanakan proses perendaman. Sama yang kita kenali proses perendaman (khususnya memakai air hangat) bisa mengurangi lem hingga dapat mengakibatkan batu permata pada cincin Emas itu lepas.

2. Air Asam Jawa
Muatan yang di punya asam jawa dapat membuat kotoran yang penempel pada cincin akan bertambah lebih gampang terangkat atau gampang lepas dari cincin Anda. Rendam cincin Anda ke air asam jawa sepanjang kira-kira 6 jam, lalu basuh dengan air biasa. Selanjutnya keringkan dengan kain bersih.

3 Pakai Air Teh
Kemungkinan belum beberapa orang yang mengetahui, bila air teh juga efisien jika di pakai untuk bersihkan cincin atau untuk kembalikan kilau cincin Anda. Sediakan air teh tanpa ada gula. Baru selanjutnya rendam cincin di air teh minimal sepanjang 1 jam. Lalu membersihkan dengan sikat serta basuh. Untuk hasil yang lebih efisien kerjakan perendaman lebih lama.

4. Air Panas
Langkah yang satu ini kemungkinan langkah yang termudah untuk di kerjakan. Serta langkah ini benar-benar pas untuk bersihkan cincin yang tidak mempunyai batu atau permata. Cukup hanya masukkan cincin ke wadah yang sesuai dengan, lalu tuang air panas ke dalamnya. Diamkan air jadi dingin, selanjutnya usap-usap dan basuh.

5. Sabun Pencuci Piring
Sabun bersihkan piring memiliki kandungan Surfaktan yang disebut bahan aktif yang berperan turunkan tegangan permukaan air hingga bisa melepas kotoran yang melekat pada permukaan bahan yang dicuci.
Disamping itu, sabun bersihkan piring memiliki kandungan Builder (pembentuk) yang berperan tingkatkan efisiensi pencuci dari Surfaktan dengan menon-aktifkan mineral pemicu kesadahan air.

Tuang beberapa tetes sabun pencuci piring cair dalam satu mangkuk air hangat. Aduk serta rendam dalam 15 menit. Sesudah dibikin bersih dengan sikat kecil sebelum dibasuh serta dikeringkan. membersihkan memakai sikat lembut untuk mengusung kotoran pada tiap bagian serta sela cincin Emas itu. Makin lembut sikatnya makin baik supaya tidak tinggalkan sisa guratan pada cincin emas Anda.

6. Bersihkan cincin Emas dengan Amonia
Proses bersihkan emas dengan Amonia diketahui efisien dalam bersihkan cincin Emas serta kembalikan kilau-nya kembali lagi seperti sebelumnya. Tetapi pemakaian Amonia untuk bersihkan cincin Emas ini seharusnya tidak dilaksanakan sering, sebab agar bagaimana juga Amonia berbentuk korosif, hingga pemakaian yang terlalu berlebih akan mengurangi permukaan cincin Emas itu. Serta ingat, pemakaian Amonia ini tidak dianjurkan untuk bersihkan Emas yang memiliki kandungan platinum atau mutiara.

Campur cairan Amonia dengan air pada suatu mangkok. Pakai perbandingan 1:6, yakni 1 takar Amonia digabung dengan 6 takar air. Kemudian Anda dapat merendam cincin Emas pada larutan yang Anda bikin, serta diamkan sepanjang 1 menit saja. Ingat, jangan kelamaan sebab Amonia berbentuk korosif, karena itu seharusnya jangan merendam cincin Emas lebih lama dari yang dianjurkan. Sesudah cincin Emas diambil dari perendaman, Anda langsung dapat mencucinya dengan air bersih, dan dikeringkan memakai lap atau kain yang lembut.

Seharusnya proses untuk proses yang dilaksanakan di atas upayakan supaya cairan tidak terserang kulit atau tangan. Untuk hindari iritasi kulit seperti gatal-gatal khususnya pada kulit yang peka. Anda dapat memakai alat khusus untuk mengusung cincin emas dari rendaman cairan Amonia yang dipakai.

Tips Tambahan Untuk Mengenal Emas Asli atau Emas Palsu

Tahu ketidaksamaan di antara emas asli atau emas palsu adalah hal yang perlu untuk diketahui buat tiap orang yang ingin lakukan investasi emas atau untuk sekedar dipakai untuk cincin. Janganlah sampai emas yang kita punya ialah emas palsu. Emas palsu ialah emas dengan kandungan yang paling rendah, seumpama kandungan emas itu 10 karat atau kurang dari itu. Kita tentu ingin tahu apa emas yang akan kita membeli atau emas yang telah kita punya ialah emas asli ataulah bukan?

Jika Anda ingin mengecek apa emas itu Asli atau palsu tak perlu keluarkan ongkos atau dapat langsung Anda kerjakan sendiri di rumah atau dimana saja Anda ada ialah seperti berikut.

1. Melihat beberapa ciri emas dengan cara visual
Langkah termudah yang untuk mengecek apa satu emas asli atau palsu dengan lihat beberapa ciri visualnya. Perhatikan pertanda khusus yang disebut ciri emas murni. Umumnya dalam logam mulia atau cincin emas ada cap yang mengisyaratkan kandungan emas, contoh dalam fineness 1-999 atau 0.1-0.999 atau dalam karat 10K, 14K, 18K, 22K atau 24K. Bila tulisan begitu kecil pakai kaca pembesar untuk memudahkan penilaian. Tapi tidak semua mempunyai cap, contoh model-model lama. (Terkadang emas palsu dapat juga mempunyai cap karat itu supaya kelihatan asli).

2. Cek perkembangan warna
Gosok dengan jari pada beberapa bagian khusus atau mencari sisi yang kurang lebih seringkali mendapatkan gesekan, contoh seputar pinggir logam mulia atau koin emas. Emas palsu akan memperlihatkan warna logam lain yang lain di bawahnya hingga kelihatan warna emas tidak seragam serta bergradiasi.

3. Rasakan Beratnya
Anda dapat lihat emas itu mempunyai karakter lembut tapi berat dalam kata lain walau lembut, emas asli mempunyai bahan yang padat serta berat. Bila emas batangan atau koin berasa mudah, karena itu bisa emas itu palsu apabila dijatuhkan emas palsu akan terdengar bunyi keras tidak sama dengan emas asli yang akan terdengar lembut.

4. Mencium Berbau Emas
Emas yang asli bila di cium tidak bau amis. Jadi Anda dapat menguji kemurnian cincin itu dengan mencium baunya.

5. Menggigitnya
Gigit emas Anda dengan desakan yang sedang. Cek apa emas itu ada sisa gigitan. Dengan cara teori, bila emas asli maka memperlihatkan sisa guratan gigi, sisa itu makin dalam bila emasnya ialah murni 24 karat. Langkah menggigit ini pasti bukan tes yang direferensikan, sebab kecuali dapat mengakibatkan kerusakan gigi dapat mengakibatkan kerusakan situasi fisik dari emas itu. Serta tentunya beberapa pemalsu masih dapat memakai timah berlapis emas yang cukup “empuk” untuk digigit.

6. Memakai magnet
Ini ialah tes yang gampang walau tidak tentukan tentu jika emas betul-betul asli, sebab banyak logam lain yang non-magnetik yang dapat dipakai untuk emas palsu. Minimum kita ketahui jika emas kita bukan logam besi yang dilapis emas. Pakai satu magnet yang kuat, pegang magnet serta tujukan pada emas. Emas bukan logam magnetik, hingga bila emas yang kita uji tertarik ke magnet serta melekat dapat dinyatakan jika emas itu palsu.

7. Menggoreskannya pada keramik atau kertas
Ini salah satunya langkah gampang untuk tahu apa emas asli atau palsu. Tapi perlu diingat untuk mengetes ini ada risiko logam mulia emas yang ditest akan tergesek. Anda dapat menggunakan piring keramik polos atau keramik lantai. Sesudah digosok bila tercipta susunan hitam karenanya ialah pirit yang dilapis emas di bagian atas atau cuma pirit serta sebaliknya bila sesudah digosok tercipta warna kuning karenanya ialah emas. Pirit ialah senyawaan dari besi dengan belerang dengan warna kuning dan mempunyai kilau seperti emas, pirit mempunyai rumus kimia FeS2.

Kecuali keramik, Anda juga bisa memakai kertas untuk mengetes keaslian emas. Untuk perbandingan, coba goreskan uang logam pada kertas, dengan uang logam yang digoreskan pada kertas akan tinggalkan guratan berwarna hitam, sedang bila emas itu asli karena itu tidak ada guratan benar-benar.

8. Uji emas dengan Nitric Acid
Arti yang lain ialah “tes asam” serta adalah langkah yang lumayan bagus untuk mengetes keaslian emas. Tapi tes ini mempunyai risiko keselamatan dengan cairan asam, jadi harus waspada sekali, Asam yang dipakai untuk lakukan pengujian ini adalah bahan kimia yang beresiko, sebab bisa mengakibatkan cedera bakar. Bila bukan untuk usaha, seharusnya tes asam ini diberikan ke toko cincin emas saja. Berikut cara-caranya :

Tempatkan emas pada wadah stainless steel
Berikan satu tetes asam nitrat pada emas serta lihat reaksi yang dibuat
Reaksi warna hijau memperlihatkan logam besi berlapis emas
Reaksi emas memperlihatkan logam kuningan berlapis emas
Reaksi warna susu memperlihatkan logam perak berlapis emas
Bila tidak ada reaksi kemungkinan ialah emas asli.

Minimal mulai saat ini Anda telah sedikit tahu untuk memperbedakan mana Emas asli atau palsu. Serta yang tentu itu akan membuat Anda tidak gampang teripu. Sebab saat ini terdapat beberapa orang yang manfaatkan ketidaktauan Anda untuk lancarkan laganya

Leave a comment